SPORTOURISM - Walaupun nyaman di rumah orang, lebih nyaman di rumah sendiri. Sahabat Sporto pastinya setuju dengan pernyataan tersebut. Agar rumah terasa nyaman untuk di tinggal, pemilik pasti membuat rumah dengan selera yang dia punya.

Apa jadinya jika rumah dibangun di luar akal sehat. Nah berikut ini ada rumah-rumah yang dibangun di tempat yang tidak biasa.

Biara Pilar Katskhi, Chiatura, Georgia

 

Sahabat Sporto pernah membayangkan tinggal diatas sebuah tebing batu tinggi? Kalau iya maka rumah yang terletak dia atas sebuah biara di negara Georgia ini, adalah pilihan yang tepat. Rumah mengagumkan yang terletak di atas sebuah tebing batu ini merupakan sebuah bangunan kuno yang awalnya hanya di anggap sebagai sisa-sisa reruntuhan.

Sampai pada tahun 1944 sekelompok biksu yang di pimpim oleh Alexander Japaridze , memutuskan untuk memeriksa ke atas dan menemukan beberapa tulang belulang di dalam sebuah bangunan yang mirip dengan sebuah Chapel (Gereja kecil).

Setelah itu bangunan ini kembali terbengkalai, hingga runtuhnya rezim komunis di Georgia. Ketika itu kebebasan untuk beragama mulai kembali dan seorang Biksu bernama Maxime Qavtaradze memutuskan untuk tinggal di temat ektrim ini.

Pria berusis 59 tahun telah menempati Chapel selama dua dekade lebih. Menurut Max keputusannya untuk tinggal di tempat terisolir ini, agar dirinya bisa lebih mendekatkan diri pada Sang Pencipta. Untuk kebutuhanya sehari-hari, murid-murid Max mengirimkan dengan bantuan alat derek sederhana setiap 2 minggu sekali.

Casa do Penedo, Portugal

 

Jika diartikan dalam bahasa Indonesia berarti Rumah Batu, merupakan sebuah rumah unik yang terletak di Pegunungan Fate, Wilayah Utara Portugal. Rumah ini terbuat dari sebuah batu yang dilubangi, hingga membentuk seperti sebuah rumah layaknya dalam serial kartun Flintstone.

Rumah yang berada di ketinggian 192 meter di atas laut ini, dulunya merupakan sebuah yang dimiliki oleh sebuah keluarga dan biasa digunakan saat liburan musim semi. Meskipun terlihat sederhana, rumah ini sebenarnya tergolong mewah, karena dilengkapi dengan pintu dan jendela yang anti peluru serta sebuah kolam renang untuk bersantai.

Saat ini sendiri rumah Casa do Penedo merupakan sebuah museum kecil yang dibuka untuk umum dan siapapun bebas mengunjunginya. Karena merupakan properti dari pemerintah Portugal.

Rumah Cermin, Harads, Swedia

 

Pernah Sahabat Sporto bosan dengan lingkungan tempat tinggal? Jika iya, maka rumah bagian dari properti milik sebuah hotel di Swedia ini, merupakan tempat persembunyian yang tepat. Bagaimana tidak bangunan yang berbentuk kotak ini, dibangun menggunakan cermin yang mengelilingi tiap sisinya.

Kegiatan orang di dalamnya tak akan terlihat, dan yang lebih hebatnya lagi cermin ini dapat memantulkan kondisi alam di sekitarnya. Hingga membuat rumah ini berkamuflase dengan sempurna dan nyaris tak terlihat. Satu-satunya cara untuk mengakses adalah dengan menggunakan bantuan tali.

The Hemloft, Kanada

 

Saat masih kecil Sahabat Sporto pasti pernah bermimpi memiliki rumah pohon. Karena berbagai alasan hal itu tak kunjung terwujud hingga dewasa. Hal itulah yang sepertinya terjadi pada seorang pria bernama Joel Allen.

Karena mimpinya untuk memiliki sebuah rumah pohon. Pria yang bekerja sebagai teknisi komputer ini, rela menghabiskan dana ribuan puondsterling dan waktu hingga bertahun-tahun untuk membuat sebuah rumah pohon.

Lebih gilanya lagi, ia membangun rumah pohon di atas tanah milik pemerintah yang berada di lereng gunung Whistler. Karena mengetahui tindakannya ini melanggar hukum, Allen pun mengerjakan rumahnya ini secara diam-diam. Hingga akhirnya bisa membuat sebuah rumah pohon berbentuk oval seperti telur.

Namun, sepandai-pandainya orang menyembunyikan sesuatu lama-lama akan ketahuan juga. Tapi untuk kasus Allen, ketahuannya dalam konotasi yang baik. Karena rumahnya unik dan indah, banyak orang yang menyukainya danmeniru langkah Alllen. Hingga sekarang banyak rumah seperti ini di lereng gunung Whistler, dan menjadi obyek wisata unik di Kanada.

Bajina Basta, Serbia

 

Rumah ekstrim kali ini terbilang cukup nyeleneh. Bukan karena bentuk dan letaknya, melainkan karena sejarah terbentuknya rumah ini. Di beri nama Bajina Basta rumah tua berusia 45 tahun yang berada di tengah sungai Drina, merupakan hasil dari ide gila oleh sekelompok perenang pada tahun 1968 yang lalu.

Kala itu para perenang yang biasa belatih di sungai Drina akan beristirahat, di sebuah batu yang terletak tepat di tengah sungai. Karena merasa batu tersebut nyaman sebagai tempat beristirahat, tercetuslah sebuah ide membangun sebuah bilik untuk beristirahat.

Pada tahun berikutnya, seorang perenang mulai membangun rumah ini. Dengan mengangkut sedikit demi sedikit bahan-bahan bangunan menggunakn kayak. Hebatnya lagi meskipun hanya di bangun oleh beberapa perenang secara sederhana, rumah unik ini berhasil bertahan dari angin kencang dan banjir.

 

sumber : @infounik_id