SPORTOURISM – Namanya pantai ini terdengar cukup menyeramkan dan mengesankan suasana angker. Namun nyatanya pantai ini menawarkan kecantikan yang bisa membuat Sahabat Sporto betah menghabiskan waktu di tempat ini. Pantai tersebut adalah Pulau Tulang, terletak di Tanjung Balai Karimun, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau.

Pantai ini memang punya sejarah kelam. Konon, pantai ini menjadi lokasi dikuburnya mayat pribumi yang telah gugur dalam peperangan oleh para tentara Belanda. Oleh sebab itu, pantai ini pun diberi nama Pulau Tulang, dan selain itu warna pasir pantai ini yang seputih tulang juga menjadi alasan dibalik pemilihan nama tersebut.

Meski demikian, kini pantai tersebut telah menjelma menjadi sebuah destinasi yang mengagumkan. Pulau Tulang pun ditunjuk oleh Dirjen Promosi Pariwisata Kementerian Kebudayaan dan Kepariwisataan menjadi desa sadar wisata. Rasanya Sahabat Sporto wajib mendatangi pantai kece dan cantik ini.

Selain memiliki hamparan pasir putih, Sahabat Sporto juga akan dimanjakan oleh pemandangan pantai yang indah dan asri dengan latar barisan pohon kelapa yang berbaris rapi di tepiannya. Lautnya jernih berwarna kebiruan tampak menyegarkan dan menggoda untuk dijamah.

Ornamen batu kucing dan batu gajah yang terdapat menghiasi pantai ini menambah keunikan dan daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung. Beragam aktivitas menarik bisa Sahabat Sporto lakukan di pantai ini. Mulai dari sekedar berenang atau bermain di pasirnya yang lembut, hingga menanti waktu matahari tenggelam di peraduannya sambil menikmati hamparan laut biru yang luas.

Menariknya lagi, setiap tahun di pulau diselenggarakan lomba sampan layar dan perahu jong (perahu mini tanpa awak) yang menjadi objek wisata andalan. Asyiknya lagi di pulau ini terdapat wisata kuliner, Sahabat Sporto pun dapat mencicipi aneka jenis kue khas seperti kue bangkit yang menjadi kuliner unggulan di Kepulauan Riau.