sportourism.id - Cilegon bisa menjadi destinasi yang wajib kamu jelajahi untuk melengkapi agenda #PesonaMudik2018 di Provinsi Banten. Dikenal sebagai penghasil baja terbesar di Asia Tenggara, Cilegon populer dengan julukan Kota Baja.

Kota Cilegon sangat identik dengan budayanya. Budaya ini juga yang membuat #PesonaDestinasiLebaran2018 di Kota Cilegon semakin indah. Saking indahnya, wisata di Cilegon sudah terekspose di dalam dan di luar negeri.

"Di Cilegon Lagi Hits Wisata Alam seperti pantai dan air terjun, Wisata Anak seperti pemandian atau wahana permainan anak. Sekali lagi saya katakan, memang Kota Cilegon kaya sekali akan Destinasi wisatanya yang indah dan alami. Dan menjadi salah satu #PesonaDestinasiLebaran2018," kata Menpar Arief Yahya, Kamis (31/5).

Berikut #Top10DestinasiLebaran2018 di Cilegon yang lagi hits. Pengunjung juga bisa berinteraksi dengan penduduk lokal, pengrajin dan musisi tradisional. Uniknya semua dibungkus dalam kronologi sejarah masa lalu hingga masa depan.

1. Pulau Merak Kecil

Objek Wisata Pulau Merak Kecil di Mekarsari Cilegon Banten memiliki luas 4,6 hektar. Di destinasi ini banyak wisatawan datang untuk sekedar bermain pasir dengan panorama perahu motor nelayan dan kapal-kapal penyeberangan Merak – Bakauheni. Semua dilengkapi dengan pemandangan Pulau Merak Besar di belakang Pulau Merak Kecil. Lokasi mudah dijangkau.

Pengunjung hanya menyeberangi laut sekitar 200 meter yang memakan waktu perjalanan hanya 5 menit. Transportasinya dengan menggunakan perahu motor nelayan yang sandar dari Pantai Mabak, tepat di belakang Mapolsek Pulomerak. Tak perlu merogoh kocek yang dalam, untuk menggunakan jasa antar jemput perahu nelayan, penumpang hanya dikenakan tarif Rp10 ribu per orangnya.

2. Pulau Merak Besar

Objek Wisata Pulau Merak Besar di Tamansari Cilegon Banten ini telah menjadi ikon dan merupakan tempat tujuan yang paling populer. Pulau Merak Besar secara khusus difungsikan sebagai hutan lindung yang ditujukan untuk dapat menahan gelombang air laut ke arah pelabuhan merak. Uniknya lagi di Pulau Merak Besar anda dapat melihat situs Tsunami Gunung Krakatau yang meletus pada tahun 1883 silam. Jadi, selain bisa menikmati keindahan alamnya anda juga bisa belajar mengenai sejarah.

Pulau Merak Besar terletak tepat (± 500 M) didepan pelabuhan penyebrangan Merak – Bakauheni, dengan luas areal sekitar 20 Ha. Pulau Merak Besar adalah Pulau Hutan Lindung yang berfungsi sebagai Pelindung Pelabuhan Ferry dan Terminal Terpadu Merak. Pulau ini sangat strategis untuk melindungi kedua asset milik pemerintah pusat dan daerah.

3. Pantai Kelapa Tujuh

Belum banyak orang yang mengetahui keberadaannya membuat destinasi ini masih sangat alami. Dan jarak yang begitu dekat dengan gerbang tol , dapat menjadi alternative tujuan wisata pantai. Viewnya indah dengan disertai hembusan angin laut nan sejuk.

Objek Wisata Pantai Kelapa Tujuh di Suralaya Cilegon Banten ini tak kalah cantik dari pantai lainnya yang berada di Banten. Padahal pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang begitu menakjubkan. Walaupun di Pantai Kelapa Tujuh tidak memiliki garis pantai yang panjang , namun dapat di jadikan sebagai salah satu tujuan tempat rekreasi.

4. Pantai Anyer

Pantai Anyer adalah destinasi yang paling terkenal di Cilegon Banten. Destinasi ini selalu ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari.

Objek Wisata Pantai Anyer di Cilegon Banten memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota Cilegon tidak mengunjungi Objek Wisata Pantai Anyer di Cilegon Banten yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut.

Objek Wisata Pantai Anyer di Cilegon Banten sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur lebaran besok. Keindahan Objek Wisata Pantai Anyer di Cilegon Banten ini sangatlah baik bagi anda semua yang berada di dekat atau di kejauhan untuk merapat mengunjungi tempat Objek Wisata Pantai Anyer di kota Cilegon.

5. Gunung Batu Lawang

Destinasi yang berada di Grogol Cilegon Banten ini merupakan tujuan wisata favorit bagi warga Cilegon bahkan Banten. Udaranya masih segar. Sejauh mata memandang, tampak hamparan pohon yang hijau rimbun di perbukitan. Bila kita melihat ke arah bawah lembah terlihat panorama keindahan kota Cilegon, serta kawasan industri di sepanjang bibir pantai.

Gunung Batu Lawang menawarkan keindahan wisata alam yang bisa kita nikmati. Anda bisa melihat siluet bukit Gunung Pinang di Kramatwatu, menara Masjid Agung Cilegon, Waduk Krenceng, bahkan siluet Gunung Karang di Pandeglang. Kenapa dinamakan Batu Lawang, karena di tempat tersebut terdapat dua batu besar yang berdampingan, sehingga membentuk celah di antaranya, dan menyerupai sebuah pintu.

6. Gunung Batur

Destinasi Gunung Batur di Pulomerak Cilegon Banten adalah suatu daerah tujuan wisata Agro. Destinasi ini berorentasi pada wisata minat khusus. Seperti Hiking, Camping Area, Study Flora dan Fauna, Jogging, dan gantole. Kondisi jalan dari bawah hingga mercusuar baik dan beraspal, sambutan penduduk di kampung Gunung Batur dengan ramah tamah selalu dihiasi dengan senyuman yang sering di jumpai menuju puncak gunung. Dari atas gunung anda dapat menikmati pemandangan yang sangat indah.

Batu Gambir di Pulomerak Cilegon Banten adalah kawasan perbukitan di Merak, Cilegon. Tempat ini sangat pas untuk merefresh pikiran dan menikmati suasana alam yang asri dan sejuk karena banyak pepohonan tumbuh di kawasan ini. Batu Gambir sangat berpotensi dikembangkan sebagai tujuan wisata alam di kota Cilegon.

Objek Wisata Batu Gambir di Pulomerak Cilegon Banten ini memiliki pemandangan yang indah. Bentang alam yang terhampar bebas memanjakan pandangan mata. Dari atas bukit ini, anda bisa melihat seisi Merak dan lautnya pun nampak terlihat. Duduk sambil menikmati pemandangan dan belaian lembut manja angin khas Bukit Batu Gambir.

7. Rawa Arum

Rawa ini merupakan satu-satunya danau di Kota Cilegon. Namun sayang, keberadannya tidak telalu dikenal masyarakat secara umum. Padahal, danau tersebut memiliki panorama yang sangat indah. Objek Wisata Rawa Arum di Purwakarta Cilegon Banten merupakan danau tanpa sumber mata air. Uniknya, danau tersebut menebarkan aroma bunga teratai putih terutama di malam hari. Makanya danau tersebut diberi nama Danau Arum atau harum.

Menurut sesepuh di Lingkungan Tegal Wangi, Kelurahan Rawa Arum. Legenda ini bermulai ketika Ki Ageng Ireng, seorang tokoh besar di daerah itu, memimpin sebuah desa bernama Tegalega. Desa Tegalega itu berdiri pada zaman kesultanan Banten. Desa itu cukup makmur, masyarakat tidak pernah kekurangan pangan lantaran meimiliki pesawahan yang luas. Desa itu juga terletak tidak jauh dari perairan Selat Sunda sehingga masyarakat bisa pergi kelaut untuk menangkap ikan.

Namun, desa tersebut mengalami bencana besar ketika terjadi letusan maha dahsyat Gunung Krakatau pada tahun 1883. Letusan gunung telah menyebabkan tsunami besar dan meluluh lantakkan Desa Tegalega. Warga yang tinggal di Desa Tegalega itu berhasil menyelamatkan diri dari tsunami dengan berlari ke perbukitan sekitar Pulomerak sebelum tsunami itu menenggelamkan seluruh daratan di pesisir Selat Sunda, termasuk Desa Tegalega.

8. Bukit Teletubbies

Bukit Teletubbies di Suralaya Cilegon Banten akhir-akhir ini sering di bicarakan oleh para petualang. Mereka seolah ingin membuktikan keindahan bukit tersebut. Kini sudah mulai banyak wisatawan yang berdatangan ke bukit ini.

Sebenarnya daerah merak itu sendiri terdapat beberapa bukit-bukit bukan hanya bukit teletubbies yang sedang hot diperbincangkan ini. Namun bukit teletubbies ini memiliki keunikan tersendiri dan memiliki keindahan tersendiri ketika berada di puncaknya. Oleh karena itu bukit ini sering didatangi para wisatawan local saat weekend tiba. Sebenarnya nama dari bukit ini sendiri bukanlah bukit teletubbies seperti apa yang dikenal oleh masyarakat luas. Menurut informasi nama dari bukit itu sendiri adalah Bukit Kembang Kuning.

9. Krakatau Junction Infinite Jogging Track

Krakatau Junction Infinite Jogging Track di Cilegon Banten ini adalah tempat jalan santai yang ada dikawasan perumahan Krakatau Steel (KS). Letaknya tepat di belakang Krakatau Junction.

Objek Wisata Krakatau Junction Infinite Jogging Track di Cilegon Banten ini sangat ramai apalagi di hari minggu. Penjual kuliner pun makin banyak disini. Mau cari jajanan lawas ala SD ada disini. Dari lidilidian, cireng isi, gulali, telor gabus dan lain-lain ada disini. Kalau sekedar cari gorengan si jangan tanya, lengkapppp! Dan sejak pagi sudah ada saja tukang bakso atau ketoprak yang mangkal.

10. Batu Gambir

Objek Wisata Batu Gambir di Pulomerak Cilegon Banten adalah kawasan perbukitan di Merak, Cilegon. Tempat ini sangat pas untuk merefresh pikiran dan menikmati suasana alam yang asri dan sejuk. Pasalnya banyak pepohonan tumbuh di kawasan ini. Batu Gambir sangat berpotensi dikembangkan sebagai tujuan wisata alam di kota Cilegon.

Objek Wisata Batu Gambir di Pulomerak Cilegon Banten ini memiliki pemandangan yang indah. Bentang alam yang terhampar bebas memanjakan pandangan mata. Dari atas bukit ini, anda bisa melihat seisi Merak dan hingga lautnya. Makin syahdu dengan belaian lembut angin khas Bukit Batu Gambir