SPORTOURISM-Liburan memang suatu hal yang diperlukan supaya seseorang tidak stres. Terutama kalian para mahasiswa yang habis disibukan dengan tugas akhir atau sidang skripsi. 

Berbagai destinasi wisata di Indonesia pun bisa kalian sambangi dengan budget yang tergolong 'kantong mahasiswa'. Penasaran daerah mana saja, berikut beberapa rekomendasi yang bisa kalian datangi : 

1. Banyuwangi

Tak heran kalau Banyuwangi mendapatkan penghargaan United Nations World Tourism Organization (UNWTO) yang diselenggarakan PBB, tahun lalu. Banyuwangi memiliki segudang objek wisata indah seperti waduk Bajulmati, Gunung Raung, Gunung Ijen, pantai plengkung dan sebagainya.

Harga tiket masuknya termasuk murah dengan akses yang mudah dijangkau. Kamu bisa menikmati wisata kuliner murah dan indah di sini. Seperti halnya di Pondok Indah Banyuwangi yang memiliki pemandangan layaknya di Ubud.  

2. Yogyakarta

Dikenal sebagai kota pelajar, kota ini juga menjadi salah satu destinasi wisata sangat cocok di kantong mahasiswa. Karena dijuluki sebagai kota pelajar, otomatis semua biaya hidup di Yogya akan relatif jauh lebih murah dibandingkan kota-kota lain.

Dengan budget yang minim, anda akan tetap bisa menjelajahi Kota Gudeg ini bersama teman. Berbagai destinasi wisata seru nan murah bisa disambangi seperti berwisata belanja di Malioboro, menghampiri candi-candi cantik, hingga nongkrong di kafe-kafe murah di Yogyakarta.

3.Kudus

 Kudus, kota kretek satu ini bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang ramah di kantong mahasiswa. Tak perlu bingung karena di Kudus berbagai destinasi wisata seru bisa anda sambangi seperti mengunjungi Gunung Muria, menikmati malam hari di Simpang Tujuh, mampir ke Museum Kretek hingga menikmati makanan khas Kudus yakni Lentog.

Jangan lupa untuk membawakan bingkisan berupa jenang kudus ke kerabat sebagai oleh-oleh usai traveling.

4. Jakarta

 Ibu kota sendiri nyatanya masih banyak menyediakan tempat wisata dan ini cocok.bagi kantong mahasiswa. Berbagai aktivitas nan seru dan anti-mainstream bisa dilakukan di Jakarta.

Sudah bosan berlibur ke mal? Anda bisa mencoba berpiknik di bawah rindangnya taman-taman di Jakarta. Sudah bosan belanja barang-barang kekinian? Anda bisa berburu barang antik di Jalan Surabaya.

Sudah bosan ngopi-ngopi di kafe-kafe kekinian? Anda bisa mencoba ngopi di berbagai kedai kopi legendaris seperti Es Kopi Susu Tak Kie.

Tak ketinggalan, Anda juga bisa merasakan keliling Jakarta gratis dengan Jakarta City Tour bus. Menikmati indahnya kota Jakarta dengan gedung-gedung pencakar langitnya, tentu sangat mengasyikkan.

5Kediri

Tak perlu diragukan lagi kalau Kediri menjadi kota untuk liburan murah dan cocok untuk makasiswa. Kamu akan betah liburan ke sini, terutama karena kulinernya. Kamu yang pernah mengambil kursus di kampung Inggris, Pare, pasti mengerti tentang sajian kuliner murah di wilayah Kediri.

Kamu bisa makan kenyang hanya dengan hanya Rp 5.000. Untuk pilihan objek wisatanya, cobalah pergi kebun Bunga Matahari, Simpang Lima Gumul, Gunung Klotok, dan lainnya.

6. Malang

Kota ini juga termasuk murah sebagai destinasi liburan, teruatama di kalangan mahasiswa. Malang memiliki segudang objek wisata murah seperti kampung warna-warni, kampung 3D, pantai, alun-alun, museum dan masih banyak lagi lainnya.

Kulinernya beragam. Tak perlu ditanya lagi rasanya. Ada rawon, pecel, bakso, dan orem-orem. Kalau kamu ingin menikmati liburan yang lebih bervariasi, pergilah ke Kota Wisata Batu. Kamu akan menemukan beragam tempat liburan yang santai hingga ekstrem di sana.

7. Madura

Siapa sih yang tak tahu Pulau Madura? Keindahan Madura sudah mulai dikenal banyak traveler. Di antaranya seperti karapan sapi, api abadi, Gili Labak, air terjun Toroan, dan masih banyak lagi.

Kuliner di Madura juga bersahabat di kantong. Ada bebek, rujak dulit, dan kaldu kokot yang sayang banget untuk dilewatkan. Walaupun dari satu tempat wisata ke tempat lainnya cukup jauh, kamu tidak akan menyesal menghabiskan waktu liburan di sini.

8. Solo

Sebagai salah satu kota yang menjadi pusat para pelajar untuk menimba ilmu, Solo mempunyai biaya hidup yang murah. Sama halnya dengan Yogya, kamu bisa mengandalkan bus trans yang beroperasi hingga malam hari.

Solo juga memiliki beragam wisata menarik seperti: Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Museum Radya Pustaka, Kebun Binatang Taru Jurug, dan lain-lain.

9. Bandung

Jika kamu sedang mencari rekomendasi destinasi liburan hemat, Kota Bandung bisa menjadi alternatif. Kota yang terkenal dengan sebutan Paris Van Java ini menawarkan berbagai tempat menarik untuk dikunjungi Kamu dapat menikmati keindahan alam dengan pergi ke Tangkuban Perahu, Kawah Putih  atau sekedar menikmati pemandangan di Lembang.

 Untuk kamu yang suka dengan fashion, tentunya factory outlet (FO) bisa menjadi pilihan untuk mencari fashion item yang bagus dan murah.  

Hal lain yang membuat Bandung menjadi salah satu destinasi liburan murah yang cocok untuk mahasiswa adalah tersedianya moda transportasi yang murah. 

Kamu dapat mencapai Kota Bandung dengan kereta api dari berbagai kota di Pulau Jawa dengan biaya di bawah dua ratus ribu rupiah. Selain itu  kamu dapat berkeliling ke berbagai penjuru Kota Bandung tanpa mengeluarkan banyak uang dengan menggunakan angkot.

10. Semarang

Tak jauh dari Yogyakarta, Semarang bisa jadi pilihan destinasi liburan murah bagi kamu. Ibukota Jawa Tengah ini menawarkan tempat-tempat menarik yang layak untuk dikunjungi. 

Kamu dapat menikmati indahnya arsitektur khas Eropa di kawasan kota tua Semarang. Bagi kamu yang tertarik dengan sejarah, kamu bisa mengunjungi Lawang Sewu yang menyimpan banyak kisah misterius di dalamnya.

Semarang juga adalah kota yang cocok bagi kamu yang gemar berwisata kuliner.  Ketika berlibur ke sini, jangan lupa untuk menikmati kuliner khas seperti lumpia, tahu gimbal dan wingko babat. 

Untuk kamu yang ingin menikmati keramaian Semarang, kamu dapat nongkrong di kawasan Simpang Lima. Di sini kamu dapat ngobrol santai dengan teman-teman sambil menikmati berbagai kuliner khas yang ditawarkan di sekitar kawasan ini.