sportourism.id - Bingung destinasi wisata mana lagi yang ingin dijelajahi untuk menghabiskan waktu liburan? Kalau memang seperti itu, ada baiknya mampir ke salah satu kota di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), yakni Pagaralam.

Pagaralam yang kerap disebut sebagai Kota Seribu Air Terjun itu memiliki sejumlah destinasi wisata yang indah dan menjadi andalan bagi Provinsi Sumsel. Hal itu diakui Gubernur Sumsel Alex Noerdin yang mengatakan, Pagaralam sebagai daerah tujuan wisata nasional sehingga potensi yang ada harus terus dikembangkan.

"Pagaralam punya potensi luar biasa sehingga perlu terus dioptimalkan. Selain, itu Pagaralam punya kuliner dan pemandangan yang indah sehingga kunjungan wisatawan akan semakin banyak," kata gubernur saat peringatan hari ulang tahun ke - 17 di kota Pagaralam, Kamis (21/6/2018) kemarin.

Ya, Pagaralam memang mempunyai beragam tempat wisata, salah satunya Danau Tebat Gheban. Berjarak sekitar 7 km dari pusat Kota Pagaralam, Tebat atau sepadan dengan kata danau dalam bahasa Indonesia ini menyimpan keindahan lain dari eksotika bumi besemah.

Secara umum, Tebat Gheban merupakan danau alami yang mempunyai luas sekitar 3 hektar dengan kedalaman mencapai 12 meter. Menjelang sore, danau ini akan diramaikan oleh para penggila olahraga memancing. Para pemancing akan berjejer di sepanjangan bantaran danau lengkap dengan peralatan memancing mereka. Zafran salah seorang pemancing menuturkan, ikan mujaer merupakan ikan yang kerap menjadi sasaran para pemancing.

Selain aktivitas memancing, pemandangan lain yang bisa ditemukan di Tebat Gheban adalah aktivitas para penambak udang. Sore hari merupakan jadwal mereka untuk mengambil jala yang sebelumnya sudah terpasang. Jala berbentuk unik yang biasa disebut tangkul ini akan menjaring udang.

Dikelilingi pepohonan cemara, Tebat Gheban mempunyai pemandangan yang indah, di sore hari cahaya matahari akan berpendar di atas airnya yang mengalir tenang, sementara suara burung saling bersahut-sahutan dari atas pohon. Tidak heran jika sore hari banyak orang yang berdatangan untuk sekadar menikmati suasana, atau untuk berolahraga dengan berlari mengitari danau pada jalan setapak.

Menurut Alex, sebagai gubernur pihaknya mendukung sepenuhnya pengembangan potensi wisata yang ada di kota Pagaralam karena akan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan dari berbagai daerah nusantara.

"Terlebih lagi dengan telah dibukanya Bandara Atung Bungsu sehingga wisatawan mudah berwisata ke Kota Pagaralam," ungkapnya.

Berikut ini Destinasi Objek Wisata di Pagaralam


1. Dempo Park

Lokasi: Dempio Makmur, Pagar Alam Utara, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan

2. Green Paradise Pagaralam

Lokasi: Bumi Agung, Dempo Utara, Bumi Agung, Dempo Utara, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan

3. Gunung Dempo

Lokasi: Perbatasan Provinsi Sumatera Selatan dan Provinsi Bengkulu, Kota Pagaralam

4. Gunung Dempo Street

Lokasi: Dempio Makmur, Pagar Alam Utara, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan

5. Lereng Gunung Dempo

Lokasi: Dempio Makmur, Pagar Alam Utara, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan

6. Jalur Pendakian Gunung Dempo

Lokasi: Dempio Makmur, Pagar Alam Utara, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan

7. Tangga Seribu Pagaralam

Lokasi: sekitar kantor Pemerintah Daerah Kota Pagaralam, Sumatera Selatan

8. Danau Tebat Gheban

Lokasi: Alun Dua, Pagar Alam Utara, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan

9. Wisata Paralayang Gunung Dempo

Lokasi: Kawasan Gunung Dempo, Pagaralam, Sumatera Selatan