SPORTOURISM - Beberapa pulau di Indonesia tidak semua meninggalkan kesan menyenangkan. Ada juga cerita mistis atau mitos yang menyelimuti pulau-pulau ini. Namun demikian, tetap saja para wisatawan selalu berdatangan seolah mereka tidak takut akan cerita menteramkan yang ada di pulau-pulau berikut ini.

Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau

Galang merupakan salah satu dari tiga pulau yang disebut Barelang (Batam-Rempang-Galang) di Kepulauan Riau. Konon, dulunya di pulau ini pernah terjadi tragedi peristiwa mengenaskan yang berlangsung antara 1976 hingga 1996. Tempat ini juga pernah menjadi rumah bagi ribuan pengungsi Vietnam yang meninggalkan negaranya akibat perang.

Di pulau ini juga banyak kejadian-kejadian mengerikan, seperti perampokan, pemerkosaan, hingga pembunuhan. Namun dibalik cerita itu, Pulau Galang tetap saja dikunjungi wisatawan. Keadaan alamnya lebih indah dibandingkan cerita-cerita tidak menyeramkannya.

Pulau Onrust

Lokasinya berada di Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta atau tepatnya dekat dengan Pelabuhan Muara Angke. Pulau Onrust dikenal sebagai pulau "berpenghuni". Sebagian orang menyebutnya Taman Arkeologi Onrust, karena di sini terdapat banyak sekali bangunan tua peninggalan Belanda bernuansa mistis. Kesan menyeramkan tiba ketika malam hari tiba.

Pulau ini sangat minim pencahayaan. Meski demikian, para wisatawan tetap saja datang ke pulau tersebut. Bukan karena keangkerannya, namun karena banyaknya bangunan bersejarah dan spot yang cukup bagus bagi Sahabat Sporto pecinta foto.

Pulau Kelor

Masih di Kepulauan Seribu, letak Pulau Kelor berhadapan dengan Pulau Onrust. Di pulau Kelor, banyak sekali peninggalan Belanda berupa galangan kapal, dan benteng buatan VOC untuk menghadapi serangan Portugis di abad ke 17. Bangunan tua tersebut diyakini oleh penduduk sekitar sebagai tempat paling mistis saat malam hari tiba.

Meski demikian, tidak sedikit wisatawan yang tetap menikmati pesona keindahan pulau tersebut. Bahkan, banyak yang memutuskan untuk berkemah di pinggiran pantai atau tepatnya di samping Benteng Martello.

Pulau Sabira

Pulau Sabira, Kepulauan Seribu merupakan pulau paling ujung dan jauh dari pusat kota Jakarta. Sehingga membuat kawasan ini dikenal sebagai objek wisata Jakarta yang masih perawan. Banyak orang yang berkunjung ke Pulau Sabira untuk menikmati keindahan pantai yang masih bersih dan menawan.

Selain keindahan pantainya, beberapa bangunan tua seperti mercusuar setinggi 42 meter, menjadi spot menarik bagi wisatawan. Pulau ini memang cukup indah untuk disambangi. Tetapi, ada beberapa cerita mistis yang menyelimuti pulau ini. Konon, di salah satu banguna Belanda yang berbentuk mercusuar, didiami oleh makhluk-makhluk halus. [Novie Fauziah]