SPORTOURISM – Setiap kali penat dengan suasana kantor, Sahabat Sporto pasti membutuhkan liburan sebagai pelariannya. Sebab, saat melakukan perjalanan semua tiba-tiba berubah jadi semangat dan banyak alasan mengapa traveling bisa membuat orang lebih bahagia.

Dikutip dari laman huffingtonpost.com, ada 10 cara bagaimana traveling bisa membuat setiap orang lebih bahagia.

1. Percaya Diri dengan Situasi Tak Terduga

Ada masanya saat setiap orang harus menemui situasi tak terduga dan Sahabat Sporto harus melaluinya.  Setiap perjalanan pastinya penuh kejutan, hal ini juga memacu kepercayaan diri sekaligus kebahagiaan.

2. Kebahagiaan Itu Menular

Saat penduduk lokal bahagia, tersenyum, dan ramah, itu akan memberikan efek. Sahabat Sporto sebagai turis akan tertular bahagia, atau minimal tersenyum.

3. Saat Jauh, Membuat Siapapun Menghargai Lebih Keluarga dan Rumahnya

Menjauh dari tempat biasa kita tinggal dan lingkungan sekitar, seperti keluarga, teman dekat, dan rumah, membuat traveler menghargai mereka lebih. Apalagi saat bercerita tentang pengalaman saat berada di tempat tujuan, itu akan membuat Sahabat Sporton kembali membuat impian. Apakah ingin mengajak orang terdekat berkunjung ke lokasi serupa atau paling tidak merasa rindu dengan suasana rumah.

4. Menemukan Teman Baru

Lebih mudah membuat teman baru dalam perjalanan ketimbang di lingkungan sekitar. Saat jauh dari rumah, Sahabat Sporto pasti membutuhkan informasi tambahan tentang lokasi yang dituju. Tentu bertanya dengan penduduk lokal lama-kelamaan menjadi teman baru.

Happy travel/Foto: espritsciencemetaphysiques

5. Detoks dari Sosial Media

Sosial media bisa berdampak baik dan buruk. Namun, baiknya rehat dari internet sementara waktu selagi traveling. Lebih baik, coba menjelajah lebih dan nikmati liburan dengan keindahan yang ada di depan mata.

6. Mencari Waktu Sendiri

Traveling memberikan waktu ‘bernapas’ yang sering kali dilupakan. Maksudnya, saking sibuknya dengan kehidupan pekerjaan, Sahabat Sporto sering kali lupa waktu. Makanya, saat liburan, waktu menyendiri itu juga menjadi obat yang manjur untuk merasakan senang-senang.

7. Belajar, Belajar, Belajar

Traveling berarti proses belajar. Belajar menyesuaikan diri dengan cuaca, lingkungan baru, rasa makanan, hingga sejarah kota destinasi. Dari sini, pengetahuan akan bertambah dan lebih mudah diingat karena mengalami secara langsung.

8. Lebih Bersemangat

Saat liburan, pasti akan merasakan lebih bersemangat. Semangat untuk bertemu dengan destinasi, merasakan hal baru, melihat lingkungan yang baru, dan lainnya. Otomatis membuat diri merasa lebih bahagia.

9. Pengalaman Memberi Waktu Meditasi

Saat mengalami atau melihat suatu yang indah dan terjadi di depan mata, berarti memberi waktu bagi diri untuk meditasi. Memandang keindahan matahari terbenam atau momen terbitnya sinar di antara keindahan Candi Borobudur, jadi meditasi diri yang menenangkan.

10. Efek Traveling Tak Hanya Jangka Pendek

Melakukan perjalanan dengan semua pengalaman yang ada menjadikan efek yang panjang. Tak hanya jangka pendek, Sahabat Sporto akan merasakan kebahagiaan selama di perjalanan hingga bertemu kembali aktivitas sehari-hari. Apalagi saat merancang trip selanjutnya, tentu akan semakin semangat dan bahagia dari sebelumnya.