SPORTOURISM – Efektifitas dan efisiensi adalah prinsip peralatan dan perlengkapan yang dibawa saat mendaki gunung. Untuk itu, Sahabat Sporto harus lebih bertanggung jawab dalam membawa barang bawaan.

Semakin ringan barang bawaan, semakin cepat laju pergerakan. Sebaliknya, jika semakin berat, maka akan lebih lambat. Kebutuhan tim dan personal pastinya berbeda, tergantung pengetahuan, kebiasaan, dan tingkat kenyamanan.

Selain itu, tergantung apakah Sahabat Sporto hanya mengikuti apa yang biasa di lakukan, atau mau belajar dari referensi. Tidak jarang kasus pendaki kelaparan dan kedinginan. Sedangkan, pendaki tersebut banyak membawa barang barang yang tidak diperlukan. Malah membuat pendaki tersebut kepayahan dalam membawa beban.

Pilihlah dan kelompokkan barang menjadi, peralatan pribadi, peralatan kelompok, Peralatan adalah alat yang digunakan dan tidak habis misalnya tenda, dan perlengkapan adalah alat pelengkap yang akan habis misalnya, spirtus, gas, batu baterai, dsb.

Setelah itu di listing sesuai spesifikasinya. Misal, jangan membawa tenda kapasitas 4 orang jika hanya untuk 2 orang ,begitupula jangan memaksakan tenda kapasitas 2 orang untuk 3 orang. Jika mempunyai rejeki tapi ingin terangkut semua, Sahabat Sporto bisa menyewa porter.

 

Foto : http://i.imgur.com