SPORTOURISM - Salah Satu tempat wisata di Sumedang yang menarik adalah Gunung Tampomas. Bagi Sahabat Sporto yang punya hobi mendaki gunung, Gunung Tampomas termasuk tempat yang direkomendasikan sekali.

Gunung Tampomas merupakan salah satu gunung berapi yang berada di beberapa kecamatan, yakni kecamatan Cimalaka, Buah Dua, Conggeang, Tanjungkerta dan Cibeureum, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Gunung ini memiliki ketinggian 1.684 mdpl.

Gunung Tampomas Sumedang ( foto : tulisansiswaku.blogspot )

Sebagai tempat wisata di Sumedang, Gunung Tampomas memiliki keanekaragaman flora dan fauna yang variatif. Jenis binatang yang paling banyak ditemui di sana adalah lutung, babi hutan, beberapa jenis burung, dan kancil. Sedangkan tumbuhan yang mendominasi Gunung Tampomas adalah saninten, rasamala, pinus, dan jamuju.

Untuk bisa sampai ke puncak Gunung Tampomas bisa melewati beberapa jalur. Hanya saja, yang paling sering digunakan pendaki adalah jalur Narimbang, Cibeureum, dan Buah Dua. Jika Sahabat Sporto melewati jalur Narimbang, di perjalanan nanti bisa menikmati keindahan Curug Ciputrawangi, yang juga temasuk tempat wisata di Sumedang.

Puncak Gunung Tampomas ( Foto : @ Mt.Manglayang )

Meskipun Gunung Tampomas tidak setenar beberapa gunung lainnya, namun Sahabat Sporto tetap akan di buat terpukau oleh pemandangan alam dari puncak ini. Di sini Sahabat Sporto juga bisa menyaksikan deretan beberapa gunung di Jawa Barat seperti Gunung Cikuray, Ciremai dan beberapa gunung lainnya.

Untuk menuju Gunung Tampomas, jika Sahabat Sporto berangkat dari Jakarta, dapat menempuh rute Jakarta–Bandung–Sumedang. Di Sumedang Sahabat Sporto dapat turun di Jalan Raya Cibeureum, di dekat Rumah Makan Tampomas Baru. Dari Rumah Makan Tampomas baru anda tinggal masuk ke Jalan Sedar yang berjarak tidak jauh dari rumah makan Tampomas Baru (sekitar lebih kurang 50 meter).