SPORTOURISM - Mendaki gunung menjadi  kegiatan favorit mengisi waktu libur. Tidak hanya digemari oleh anak muda tetapi juga para orang tua, remaja bahkan anak-anak siswa sekolah dasar.

Sayangnya hal yang mulai populer dan mulai banyak peminat,  tidak diimbangi dengan pemahaman. Minimal tentang hal yang kurang atau tidak layak dilakukan, saat mendaki atau saat sedang berkemah.

Sudah seharusnya menjaga kelestarian, dengan tetap menjaga etika-etika. Baik saat mendaki ataupun sekedar berkemah.

  1. Jangan Mendirikan Tenda di Jalur Pendakian
    Sangat tidak di anjurkan, selain mengganggu lalu lintas pendaki, juga akan kena nyinyir para Pendaki yang lewat. 
  1. Jangan Mendirikan Tenda terlalu mepet dengan pintu Tenda lain
    Pernah gak kalian bikin tenda sore hari, saat itu sebelah kita belum ada tenda lain, lalu saat terbangun mau kencing tengah malam buka pintu tenda ternyata ada tenda di sebelahnya, mepet pula. sebaiknya di kasih jarak biar sama-sama enak . 
  1. Jangan teriak-teriak
    Ini sebenarnya sedang fenomena saling teriak-teriak ridak jelas gini, udah gitu saut-sautan lagi. gak tau maksudnya apa? terlalu bahagiakah? entahlah. gak percaya? coba main ke Gunung Prau sama Andong saat weekend. 
  1. Jangan bicara atau tertawa keras-keras
    Ini sangat penting. gak semuanya dari kita dalam kondisi fit saat camping, itu karena lelah atau kurang tidur, bisa juga kehujanan, maka yang fit jaga sikap ya, jangan bicara atau tertawa terbahak-bahak, kasian yang mau istirahat atau mempersiapkan stamina buat summit. Jadi kurang nyenyak dan nyaman. Bicara sewajarnya saja. 
  1. Bagi yang bawa Speaker, Volume jangan keras-keras ya
    Gak semua suka dengan lagu yang kita putar, mungkin kita senang dengan lagu kita, lagu ea eo misalnya, tapi apakah yang lain senang dengan lagu kita? mungkin malah jengkel karena beda selera soal musikalitas. 
  1. Perhatikan mengaitkan tali tenda
    Pernah tersandung tali penguat tenda? kalo bisa jangan di kaitkan di area lalu lintas pendaki ya, kasian nanti ada yang tersandung. 
  1. Saat selesai camping, Jangan Sampai ada sampah yang tertinggal di bekas lapak camping kita
    Ini sangat sering, bekas lapak tenda masih banyak sampah berserakan, lha kok enak? emang ada petugas kebersihan yang mungutin bekas sampah tenda kita

 

 

sumber  : pendakilawas