SPORTOURISM - Sekarang, mendaki gunung sudah dianggap sebagai gaya hidup. Kurang lengkap rasanya bila seumur hidup belum naik gunung. Bagi Sahabat Sporto yang berpengalaman, tentu mendaki gunung-gunung dengan medan terjal sekalipun tidak menjadi masalah.

Lalu, bagaimana dengan mereka yang minim pengalaman pendakian? Apa berarti pendaki pemula ini tidak boleh mendaki gunung? Tentu saja boleh. Pilih gunung yang sesuai kemampuan, seperti beberapa gunung di bawah ini yang cocok bagi para pemula.

Gunung Andong

Gunung Andong (dok : wizdan_inst/Instagram)

Gunung Andong merupakan salah satu gunung yang terletak di antara desa Ngablak dan desa Tlogorjo, Grabag, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Gunung Andong ini mempunyai ketinggian sekitar sekitar 1.463 diatas permukaan laut dan secara etimologi Gunung Andong ini memiliki aktivitas magma vulkanik aktif dan juga merupakan gunung bertipe perisai gunung yang melingkari Kabupaten Magelang.

Selain terkenal oleh keindahan alamnya yang sangat menakjubkan, Gunung Andong ini adalah magnet bagi pendaki yang merupakan pemburu keindahan sunrise termasuk juga sunset di puncak gunung. Selain itu, rute untuk mendaki puncak Gunung Andong ini tidaklah terlalu sulit dan jauh berbeda sekali halnya dibandingkan dengan Gunung Merbabu.

Gunung Papandayan

Gunung Papandayan (dok : gunung.id)

Gunung Papandayan adalah gunung  api strato  yang terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat tepatnya di Kecamatan Cisurupan. Gunung dengan ketinggian 2665 meter di atas permukaan laut itu terletak sekitar 70 km sebelah tenggara Kota Bandung.

Pada Gunung Papandayan, terdapat beberapa kawah yang terkenal. Di antaranya Kawah Mas, Kawah Baru, Kawah Nangklak, dan Kawah Manuk. Kawah-kawah tersebut mengeluarkan uap dari sisi dalamnya. Selain itu, ada hutan mati yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pendaki.

Gunung  Pulosari

Gunung Pulosari (dok : masgoffar.blogspot.co.id)

Gunung Pulosari berada di Kabupaten Pandeglang provinsi Banten, merupakan gunung yang paling sering dikunjungi para pendaki selain Gunung Aseupan dan Gunung Karang. Gunung Pulosari mempunya tinggi 1.346 mdpl yang mungkin untuk para pendaki pemula didaerah Pandeglang sangat cocok didaki sebelum pergi mendaki gunung lain yang lebih tinggi.

Gunung Pulosari tempat keramat Kerajaan Sunda pada tahun 932 dan 1030. Namun jangan salah, walaupun tinggi gunung Pulosari hanya 1.349 mdpl jalur menuju puncaknya begitu curam dan menyulitkan para pendaki.

Gunung Penanggungan

Gunung Penanggungan (dok:3.bp.blogspot.com)

Gunung Penanggungan memiliki ketinggian 1.653 mdpl, salah satu gunung yang berada di Jawa Timur, Indonesia. Disekeliling gunung penanggungan terdapat  bukit-bukit disekitarnya yaitu, Bukit Bekel  1238 mdpl, Gajah Mungkur  1084 mdpl, Sarah Klopo 1235 mdpl, dan Kemuncup 1238 mdpl.

Terdapat banyak misteri di Gunung Suci ini, antara lain misteri jalan melingkar hingga sampai ke puncak gunung, misteri altar di puncaknya dan misteri bangunan tersembunyi di Gunung Penanggungan yang menggambarkan pakem kraton asli Nusantara