sportourism.id - Perhelatan Asian Games yang berlangsung pada 18 Agustus hingga 2 September 2018 mendatang terus dikebut persiapannya. Termasuk, penjualan tiket yang siap dijual pada 30 Juni 2018 mendatang.

Ketua Inasgoc, Erick Thohir menjelaskan kerja samanya dengan perusahaan penjualan tiket online asal Indonesia, Kiostix.com. “Hasil seleksi kami akhirnya menunjuk KiosTix, kebetulan ini juga perusahaan nasional, jadi kami bersinergi untuk mensukseskan penyelenggaraan Asian Games 2018,” kata Erick saat jumpa pers di Kantor Pusat Inasgoc, Jalan New Dhelhi, Jakarta Selatan (11/6/2018).

Erick juga menyebutkan, harga tiket nantinya akan bervariasi tergantung dari pertandingan dan antusiasme masyarakat. “Harga tiketnya beragam, rata-rata 100 ribuan, tapi yang paling murah mulai dari 30 ribu,” ujar Erick.

Hal ini masih bergantung pada jenis pertandingan populer, juga jenis pertandingannya. Pertandingan populer seperti sepak bola, bulu tangkis, basket, voli, tentunya akan memiliki kisaran harga lebih tinggi.

“Apalagi kalau Indonesia masuk final, pasti lebih tinggi lagi (harganya),” canda Erick. Namun, saat disinggung dari pertandingan kurang populer, seperti beberapa pertandingan baru, Erick mengatakan dipastikan tak akan ada tiket gratis.

Mengingat event Asian Games 2018 berskala internasional, panitia pun tak ingin kecolongan dengan membagikan tiket gratis. “Kecuali kekhususan tertentu seperti kepentingan pelajar.”

Sementara itu, CEO KiosTix.com Ade Sulistio Putra mengatakan sistematika pembelian tiket nantinya akan dilakukan dengan cara online dan offline. “Kami juga tak menutup mata dengan antusias pembelian tiket offline, makanya kami menyediakan ticket box di mall juga on the spot,” ujar Ade.

Persentasenya masih dihitung, apakah lebih besar lewat online atau offline. Namun, dipastikan pembeli tiket haruslah menyertakan identitas dirinya saat pengisian data penonton. “Ini nantinya untuk membuat laporan kami akan jumlah pengunjung serta identitasnya selepas event ini digelar,” kata Ade.

Satu identitas pengunjung bisa digunakan untuk maksimal empat tiket. Nantinya semua tata cara pembelian tiket akan dirilis pada akhir bulan ini. Dengan dibukanya untuk publik, diharapkan Asian Games 2018 dapat menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia sebagai tuan rumah.

Untuk saat ini, penjualan tiket baru sebatas pemesanan dari para partner maupun National Olympic Commitee (NOC) negara peserta. Selebihnya, tiket resmi dijual untuk publik per tanggal 30 Juni 2018.