sportourism.id - Panitia penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) berencana mengadakan pawai obor yang bakal singgah di beberapa daerah Indonesia. Dan, salah satu provinsi yang berkesempatan disinggahi api obor adalah Riau.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Riau Doni Aprialdi, Rabu (16/5/2018). Ia menuturkan, obor Asian Games 2018 akan diarak keliling Kota Pekanbaru dan Siak pada tanggal 1-2 Agustus.

"Riau merupakan jalur ke-27 yang dilewati api obor Asian Games setelah start tanggal 15 Juli 2018 di Delhi India, dan pada jalur ke-18 masuk provinsi di Indonesia," kata Doni.

Doni mengatakan, setibanya di Pekanbaru, 1 Agustus 2018, obor akan menuju Kabupaten Siak. Kemudian hari kedua tanggal 2 Agustus, diarak berkeliling di Pekanbaru selama 2-3 jam, lalu menuju Sumatera Barat.

"Kita belum tahu apakah rombongan api obor akan bermalam di Siak, atau hanya gelar kegiatan lalu kembali ke Pekanbaru, " tuturnya.

Menurut Doni, dipilihnya Siak salah satu tujuan "Tour Relay" Api Obor bertujuan untuk mengembangkan pariwisata di Indonesia.

"Mudahan-mudahan dengan "Tour Relay" ini, Istana Siak Provinsi Riau bisa mendunia. Apalagi tempat itu memiliki nilai sejarah, kebudayaan," tegasnya.

Doni mengajak seluruh masyarakat Riau untuk menyambut dan memeriahkan obor Asian Games saat tiba di Provinsi Riau.

"Kita juga harus sosialisasi kepada masyarakat Riau, bahwa Asian Games 2018 itu dilaksanakan di Indonesia yakni di Jakarta dan Palembang. Mari kita semarak dan gaungkan ini supaya meriah," Imbuhnya.

Ia menambahkan obor itu akan menjadi sejarah yang tak terlupakan bagi Riau. Karena itu, masyarakat diharapkan untuk menyambut dengan meriah Asian Games.

"Tour Raley" api obor Asian Games 2018 melibatkan 10 atlet asal Riau untuk mengarak, sedangkan atlet Riau yang terlibat di Asian Games 2018 sebanyak 20 orang.