sportourism.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkesempatan memantau langsung persiapan atlet berkuda Indonesia jelang Asian Games 2018. Pada kunjungannya tersebut, Jokowi mengingatkan untuk tetap menjaga fasilitas yang sudah dibangun setelah perhelatan Asian Games.

Jokowi mengatakan, hal pertama yang harus dijaga adalah venue. Ia menilai, venue-venue harus dikelola dengan baik sehingga produktif, mengingat dibangun dengan biaya tidak sedikit.

"Harus dipakai latihan-latihan dalam rangka event-event besar ke depan," katanya di Arthayasa Stable, Kota Depok, Senin (7/5/2018).

Kedua, lanjutnya, yang berkaitan dengan industri olahraga ini juga harus dihidupkan.

"Seperti tadi saya mendapat informasi mengenai celana untuk berkuda, kemudian sepatu berkuda, kenapa kita harus impor? Karena sebenarnya kita sendiri bisa buat. Kalau impor harga Rp3-4 juta, kalau dibuat di sini bisa Rp500-600 ribu," katanya.

Menurut Jokowi, pasca-Asian Games, Indonesia harus punya cetak biru untuk dunia olahraga, untuk industri yang mendukung keolahragaan, dan memberikan demam kepada masyarakat agar giat berolahraga dalam rangka memberikan kesehatan kepada masyarakat.