Sektor pariwisata di Jawa Barat, terus berbebah untuk menyambut dan melayani ribuan orang dari berbagai negara di Asia akan datang ke gelaran Asian Games sekaligus berwisata di daerah dekat Jakarta.

Asian Games 2018 diyakini bakal bisa mendongkrak sektor pariwisata Jawa Barat. Sebab, ada sejumlah cabang olahraga pada ajang tersebut digelar di Bumi Parahiyangan.

"Saya kira akan ada dampak pariwisata, karena di Ciletuh, Sukabumi akan digunakan untuk cabor surfing, BMX di Ciamis. Kepariwisataan kita harapkan ada multiple effect dari Asian Games," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat, Ida Hernida.

Provinsi Jawa Barat siap membantu dan menyukseskan Asian Games 2018. Pihaknya juga sudah dua kali menggelar Rapat Koordinasi II Pemasaran Pariwisata Jawa Barat dan bakal meningkatkan promosi destinasi. Baik tingkat Provinsi, Kabupaten dan kota.

Dengan Asian Games yang juga dilaksanakan di wilayahnya, dia optimistis target wisatawan yang datang ke Jawa Barat pada 2018 tercapai. Target wisatawan mancanegara (wisman) datang ke Jawa Barat sebanyak 1.750.000 kunjungan, dan wisatawan nusantara (wisnus) sebanyak 58.000.000 kunjungan.

Jawa Barat memang dikenal dengan alam dan budaya serta kulinernya yang menggoda. Di Bandung misalnya. Semua orang yang menginjakkan kaki di Bandung pasti akan langsung dibuat "melayang" dengan kenikmatan aneka kulinernya.

Bila ingin melihat pemandangan luar biasa, bisa datang ke Geopark Ciletuh-Palabuhanratu yang baru saja resmi menyandang status UNESCO Global Geopark (UGG).

Pantai berpasir putih, dan laut yang begitu biru nan jernih juga banyak pilihannya. Misalnya Pantai Pangandaran, Pantai Sayangheulang di Garut, Pantai Tirtamaya di Indramayu, dan Pantai Santolo di Garut Selatan.