sportourism.id - Perhelatan akbar Asian Games 2018 tampaknya bakal dimaksimalkan Pemerintah Kota Palembang untuk memperkenalkan objek wisata di wilayah tersebut ke seluruh dunia. Tak tanggung-tanggung, Pemkot Palembang menyiapkan 14 destinasi wisata.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Palembang Isnaini Madani, 14 destinasi wisata tersebut guna menyambut Asian Games XVIII pada 18 Agustus-2 September 2018 dan untuk mencapai target kunjungan 2,5 juta wisatawan.

Ia mengaku, target itu cukup realistis karena pada tahun 2017 kunjungan wisatawan sudah mencapai 2.001.567 orang untuk wisatawan nusantara dan 9.850 orang wisatawan mancanegara.

"Kami berharap tahun ini kunjungan wisatawan mancanegara juga ikut meningkat, karena akan banyak yang datang baik official, atlet dan lain sebagainya. Apalagi saat ini ada tambahan destinasi baru," kata Isnaini.

Ia menyebutkan, ke-14 destinasi wisata tersebut antara lain Al Quran Akbar, Bukit Siguntang, BKB, Kampung Kapitan, Kampung Al Munawar, Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya dan Pulau Kemaro.

Kemudian, Taman Makam dan Monkey Forest Bagus Kuning, Museum SMB II, Kawah Tengkurep, Museum Bala Putra Dewa, Pedestrian Soedirman, serta Lorong Basah Night Culinary Market.

Selain 14 destinasi wisata itu, Pemkot Palembang juga menyajikan tempat wisatawan dapat berswafoto seperti Sekanak Bersolek, Kampung Mural Gudang Boen Tjit, Ampera Skate Park, Kampung Musi Bercorak.

"Sebenarnya total destinasi di Palembang ada 64, tapi kami kerucutkan menjadi 14 sehingga lebih fokus dan tepat sasaran," kata dia.

Untuk mempromosikan destinasi wisata itu, pemkot menggandeng Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata (Asita), media sosial, Himpunan Pariwisata Indonesia (HPI) dan lainnya.

"Asian Games menjadi peluang untuk mengembangkan sektor pariwisata. Seperti yang dikatakan Menteri Pariwisata, berapa besar biaya pelaksaaan Asian Games maka sebesar itulah biaya promosi Palembang," kata dia.