sportourism.id - Dalam beberapa pekan terakhir sedang viral jaket Asian Games 2018 yang dikenakan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jokowi ketika itu tampak mengenakan jaket berwarna hitam dengan kemeja putih di bagian dalamnya.

Di bagian belakang jaket tersebut, terpampang dengan jelas ilustrasi dari beberapa cabang olahraga yang akan dipertandingkan di Asian Games VXIII. Di atas ilustrasi tersebut, tertera tulisan "Asian Games" berwarna putih dengan ukuran yang cukup besar.

Adapun, bagian depannya dihiasi dengan sketsa logo Asian Games XVIII yang memenuhi bagian depan jaket tersebut. Sementara di lengan bagian kanannya, tertera tulisan Indonesia.

Jokowi pun menjabarkan makna penggunaan jaket tersebut. Ia mengaku, hal itu dilakukan supaya masyarakat semuanya ingat bahwa 18 Agustus 2018 akan dibuka Asian Games di Jakarta.

Ia mengatakan, seluruh masyarakat, dunia usaha, kemudian pemerintah dan pemerintah daerah semuanya harus memberikan dukungan kepada event besar karena menyangkut nama besar Indonesia, menyangkut nama besar bangsa Indonesia.

Ia mencontohkan, toko-toko memberikan diskon untuk nanti pada saat Asian Games. Kemudian masyarakat mengadakan lomba-lomba baik di sekolahan, di kampung, atau di kabupaten dan kota masing-masing.

"Saya kira ini akan memberikan dukungan yang besar pada event besar Asian Games 2018, termasuk saya pakai jaket. Saya ingin mengajak masyarakat agar semuanya memberikan dukungan kepada Asian Games," katanya, di sela-sela aktivitasnya menemui para atlet Pelatnas berkuda di Arthayasa Stable, Kota Depok, Senin (7/5/2018).

Ia berharap Indonesia mendapatkan prestasi yang baik karena di Asian Games 2014 Indonesia berada di ranking 17. "Target kita pada Asian Games yang ke-18 ini kita masuk ke 10 besar. Targetnya 16 emas, kurang lebih. Syukur bisa lebih," katanya.