JAKARTA – Netizen Indonesia memang keren. Mereka bukan hanya membuat dunia maya menjadi ramai. Tetapi juga membuktikan dukungannya terhadap pelaksanaan Asian Games 2018. Buktinya, #PesonaAsianGames2018 yang digelar Kementerian Pariwisata dan Genpi.co juga ramai peminat.

Hal ini diungkapkan Koordinator #PesonaAsianGames2018 Alqi Almakiyah. Menurutnya target dari kegiatan tersebut tercapai.

“Jadi, ada dua kegiatan utama dalam #PesonaAsianGames2018. Yaitu Lomba Video Kreatif dan Voting Atlet Favorit Fans Games. Dan dua-duanya mencapai target yang kita tetapkan,” papar Alqi, Sabtu (1/9).

Untuk Lomba Video Kreatif, dari target 100 video, sudah masuk 126 video.

“Lomba ini tidak main-main, karena kita menghadirkan Raditya Dika sebagai juri utama. Jadi kita pastikan pemenang lomba ini adalah yang terbaik, dan sesuai kriteria,” paparnya.

Target juga tercapai dalam Voting Atlet Favorit Fans Games. Jumlah vote yang masuk sudah melebihi target 100.000 vote.

“Luar bisa, kita bisa mencapai 100.000 vote. Sedangkan Fans Games sendiri masih berlangsung. Dan akan berakhir 2 September nanti. Angka 100.000 vote adalah target minimal kita. Namun, kita akan terus berinovasi dan mencari cara agar jumlah ini terus meningkat,” papar Alqi.

Dijelaskannya, vote yang dilakukan para netizen adalah bentuk dukungan nyata mereka kepada para atlet yang sudah berjuang mengharumkan nama bangsa.

“Vote yang mereka gunakan, adalah bentuk penghormatan kepada para atlet. Usaha dan kerja keras mereka direspon langsung melalui Fans Games. Ini bukan hanya menggelorakan Asian Games, tetapi juga membantu atlet tetap bersemangat,” katanya.

Fans Games sendiri sudah memasuki babak final. Hasilnya, ada 10 atlet pria dan 10 atlet wanita yang bisa dipilih. Yang lebih hebat lagi, atlet-atletndi final Fans Games ini mampu mengukir prestasi maksimal di Asian Games 2018.

Contohnya ada Jonatan Christie, Kevin Sanjaya, Iqbal Chandra di sektor pria yang mampu mempersembahkan medali emas. Sedangkan di bagian wanita, ada Puspa Arum Sari dan Wewey Wita sebagai peraih emas dan Greysia Polii yang mendapat perunggu.

“Saya rasa seluruh rakyat Indonesia bangga dengan pancapaian mereka. Seperti juga kami yang ada di Fans Games,” tutur Alqi.

Bangga juga dirasakan Menteri Pariwisata Arief Yahya. Terlebih dalam Asian Games ini Indonesia membuktikan diri sebagai bangsa yang besar.

“Asian Games 2018 menjadi bukti Indonesia bangsa yang besar. Kita bisa menggelar opening ceremony yang megah. Atlet kita juga berprestasi. Dan mereka meraihnya dengan perjuangan yang sangat heroik,” paparnya.

Menurut Arief, Kementerian Pariwisata juga bangga karena turut menggelorakan Asian Games 2018. “Yaitu melalui Fans Games ini. Kita mengajak masyarakat untuk mengenal para atlet yang bertanding. Dan mereka meresponnya dengan luar biasa. Terima kasih voter,” katanya.