sportourism.id - Dalam hitungan bulan, Indonesia bakal menyelenggarakan event Akbar Asian Games 2018. Dua lokasi penunjukan, Jakarta dan Palembang, pun hingga kini terus mematangkan persiapan sehingga disaat pelaksanaan semua berjalan dengan baik.

Meski demikian, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap saat Asian Games 2018 tidak hanya sukses di persiapan tetapi juga di pelaksanaan dan prestasi. Jokowi menilai, Asian Games 2018 merupakan kesempatan emas sekaligus momentum terbaik untuk mempromosikan Indonesia di mata dunia.

Tak ayal, bukan hal yang berlebihan bila Presiden Joko Widodo memberi perhatian ekstra bagi persiapan Asian Games edisi ke-18 ini. Bahkan, dirinya turun tangan langsung untuk ikut mempromosikan Asian Games melalui berbagai penampilan dan kunjungannya akhir-akhir ini.

"Kesuksesan itu dimulai dari bagaimana kita mempersiapkan," katanya di sela-sela aktivitasnya menemui para atlet Pelatnas berkuda di Arthayasa Stable, Kota Depok, Senin (7/5/2018).

Menurutnya, perlu ada cek dan kontrol kesiapan venue serta persiapan para atlet untuk mencapai prestasi yang diharapkan. Presiden mendapatkan informasi, dan setelah dicek di lapangan, 92 persen venue sudah selesai. Kemudian persiapan-persiapan atlet baik di tempat latihan seperti ini, baik di dalam dan luar negeri juga sudah berjalan.

Ia mengharapkan tim nasional tidak hanya sukses persiapan, tetapi juga sukses pelaksanaan dan prestasi.

Memang, Indonesia dipercaya untuk menjadi tuan rumah bagi ajang kompetisi olahraga tertinggi di Asia yang secara resmi akan dibuka pada 18 Agustus 2018.

Dengan mempertandingkan 40 cabang olahraga yang akan diikuti para atlet dari 45 negara peserta, dapat dipastikan bahwa semua mata akan tertuju kepada Indonesia selama penyelenggaraan berlangsung.

"Saya ingin melihat lapangannya seperti sekarang ini kita lihat, latihan untuk berkuda di Arthayasa, di Depok. Latihannya terus sehingga kita harapkan nanti kita dapat emas dari sini," katanya.