SPORTOURISM – Memasak menjadi salah satu kegiatan yang umum dan penting dilakukan saat melakukan pendakian. Sahabat Sporto yang kerap mendaki gunung pasti sudah sangat akrab dengan berbagai peralatan memasak yang wajib dibawa. Salah satunya adalah kompor berikut bahan bakarnya.

Terdapat beberapa jenis kompor gunung atau kompor lapangan yang bisa Sahabat Sporto gunakan. Namun yang paling sesuai untuk mendaki gunung adalah subjektif sesuai dengan kondisi medan pendakian maupun selera si pendaki. Berikut ini jenis kompor sekaligus bahan bakar yang bisa Sahabat Sporto gunakan untuk bertualang di alam.

Kompor berbahan bakar padat

Memasak di gunung dengan menggunakan bahan bakar padat ini cukup melegenda. Biasanya alat masak ini disebut kompor parafin. Kelebihan dari bahan bakar padat ini adalah memiliki harga kompor yang murah dan penggunaannya pun sederhana serta tidak rumit.

Sahabat Sporto tinggal menyulut bongkahan bahan bakar padat tersebut dengan api kemudian bila telah menyala maka ditaruh di tatakan kompor. Selain itu, bahan bakar padat ini juga tidak menimbulkan suara berisik ketika dibakar serta tidak terlalu berat untuk dibawa.

Kompor berbahan bakar spiritus

Kompor ini cukup sering digunakan pada masanya. Sebab kompor berbahan bakar spiritus ini mempunyai tingkat kemudahan dalam mencari bahan bakarnya. Biasanya sampai di pelosok-pelosok desa masih ada yang menjual spiritus.

Kelebihan kompor ini yaitu pada penggunaannya yang tergolong sangat mudah. Sahabat Sporto tinggal memasukkan cairan spiritus ke dalam burner dan dinyalakan. Selain itu, kompornya dapat dibuat sendiri dengan menggunakan kaleng bekas.

Kompor berbahan bakar gas

Kompor jenis ini menggunakan tabung (cartridge) berisi gas cair (liquefied gas). Dari segi kemudahan kompor lapang berbahan gas ini sangat mudah penggunaannya. Hanya tinggal menancapkan gas ke kompor maka bisa langsung dinyalakan.

Kelebihan kompor ini yaitu bisa digunakan di segala kondisi karena nyala apinya stabil dan tahan dari terpaan angin. Kompor gas ini juga cepat menghasilkan panas yang tinggi serta mudah dalam hal pengaturan besar kecilnya nyala api.

Kompor berbahan bakar multi fuel

Kompor ini adalah pengembangan dari kompor gas. Bedanya, kompor ini menggunakan berbagai macam bahan bakar cair apa saja seperti bensin dan lainnya. Selain mudah mendapatkan bahan bakarnya, kompor ini bisa digunakan di cuaca ekstrem dan bersalju.

Kelebihan lainnya yaitu nyala apinya stabil dan tidak boros bahan bakar. Sahabat Sporto dapat menggunakan kompor ini untuk memasak di panci yang besar sehingga sangat cocok dipakai saat mendaki bersama rombongan lebih dari 5 orang.