sportourism.id - Udara segar dan pemandangan alam yang indah, dua hal yang mungkin jarang ditemui di Ibu Kota. Sekadar mengisi akhir pekan keluar dari rutinitas dan menghabiskan waktu lebih bersama keluarga, kawasan Gunung Geulis, Bogor, Jawa Barat bisa jadi pilihan.

Royal Tulip Hotel di kawasan Gunung Geulis Resort & Golf menawarkan kesegaran udara dan hijaunya pemandangan alam Bogor. Hotel ini berdiri di daerah seluas enam hektar, satu area dengan Gunung Geulis Golf yang memiliki dua lapangan west dan east.

Hotel ini baru berdiri Mei 2016, yang tahun ini memasuki usianya yang kedua. Meski terbilang baru, hotel ini sudah mampu mencapai 67 persen tingkat okupansinya.

“Dengan hampir 98 persen persen persen tamu hotel berasal dari wisatawan lokal, ketimbang mancanegara,” ujar General Manager Hotel Royal Tulip Gunung Geulis Mario Stanic saat ditemui Rabu, 9 Mei 2018 lalu.

Awalnya, hotel ini menyasar sebagai penginapan pada para pegolf, namun fasilitas lengkap yang dimiliki Royal Tulip cocok pula dinikmati bersama keluarga.

Memasuki area lobby, Sobat Sporto berdiri di lantai lima Royal Tulip. Pemandangan hotel yang indah dipenuhi pepohonan, desain modern, kolam renang, hingga lokasi kamar langsung terlihat saat Anda menunggu antrian check in. Atau duduk santai di Breeze Lounge.

Hotel ini terdiri dari enam lantai dan 173 kamar yang terbagi dalam empat tipe, yaitu Deluxe, Studio, Junior Suite, dan Royal Suite. Hotel bintang lima ini menawarkan banyak fasilitas yang bisa dinikmati. Mulai dari tiga restoran yang ditawarkan, di antaranya LL One, Breeze Lounge, dan Fire yang ternama akan pizzanya.

Sobat Sporto tidak hanya bisa memilih dua, melainkan tiga kolam renang ada di sini. Bagian teratas yang lebih berkesan pribadi, kolam renang utama di tengah hotel, dan kolam renang anak. Pusat olahraga gymnasium dan area spa menjadi fasilitas selanjutnya yang bisa digunakan.

Yang terpenting adalah pemandangannya. Hotel ini menawarkan pemandangan gunung dan kawasan Gunung Geulis yang memesona. Sobat Sporto juga bisa mengikuti latihan yoga yang berada di Zen Deck dengan panorama luar biasa setiap pagi. Atau berlatih Zumba dan taichi yang juga menjadi fasilitas yang bisa diikuti para tamu.

Bagi yang suka olahraga pagi, Sobat Sporto bisa membawa sepeda kesayangan karena hotel ini juga punya fasilitas trek sepeda. Termasuk jogging track untuk berlatih kecil saat pagi hari.

Kalau menginap bersama keluarga dengan anak, Hotel Royal Tulip punya arena bermain anak. Fasilitas unggulan untuk memenuhi kebutuhan keluarga saat menginap. Bahkan hadir juga mini putting green untuk anak-anak yang ingin mencoba bermain golf.

Seluruh pengalaman ini menyatu dengan kesejukkan udara segar yang jauh dari kebisingan atau hiruk pikuk kemacetan. Cocok bagi yang ingin melakukan staycation bertemankan udara sejuk dan pemandangan kabut saat pagi dan sore hari.

Cukup 10 menit berkendara selepas keluar tol Ciawi. Namun, kala akhir pekan waktu ini akan bertambah panjang karena antrean kendaraan menuju Gadog yang sering kali melelahkan.

Untuk jalur alternatif, Sobat Sporto bisa melalui kawasan Sentul Selatan dengan mengambil arah ke Bukit Pelangi. Meski jalur banyak berbelok, menanjak, dan menurun cukup panjang namun cukup memotong waktu perjalanan menuju hotel ini saat jalur Puncak padat. Sambil ditemani suasana asri Bukit Pelangi dan pepohonan yang menyejukkan, tak terasa perjalanan lebih cepat untuk sampai ke Royal Tulip.

Meski baru menginjak usia ke-2, Hotel Royal Tulip sudah mampu memperoleh berbagai penghargaan. Seperti Indonesia Leaning 5 Star Hotel Bogor dan Indonesia Leaning Family Resort West Java dari Indonesia Travel Tourism Awards 2017/2018, serta Luxury Golf Resort, Regional Winner Asia dari World Luxury Hotel Awards 2017.

Perayaan hari jadinya pun dilakukan meriah pada 9 Mei 2018 lalu. Para tamu dimanjakan dengan Food Festival yang menghadirkan 25 stan makanan ternama dari kawasan Jabodetabek. Seperti asinan Bogor, ketan susu kemayoran, hingga jajanan zaman old khas Jawa Barat.

Pengembanganpun terus dilakukan, terlihat pada restoran Fire yang akan dibangun dua lantai. Restoran ini berada tepat di sisi kolam renang utama dengan pemandangan alam indah dan hotel secara keseluruhan. Dengan menu utamanya yang ternama adalah pizza.