SPORTOURISM – Ada jalur yang ektrem menuju Puncak Carstensz, Papua. Kandang Babi namanya, jalur yang memiliki jurang selebar 15 meter dengan kedalaman ratusan meter. Jalur yang terkenal paling mengerikan.

Nama Kandang Babi diberikan oleh para pendaki yang mendaki ke Puncak Carstensz.  Jurangnya ada di ketinggian 4.800 mdpl yang mana bawahnya terdapat batu sedalam belasan meter. Kemudian tebing yang sedalam ratusan meter.

Kalau jatuh ke bawah berakibat itu fatal. Bisa tersangkut di celah-celah batu dan lebih parahnya lagi bisa terperosok sampai ke Teras Beras. Lebih parahnya lagi bisa sampai ke Lembah Kuning.

Untuk lewat Kandang Babi, dulu Sahabat Sporto harus menggunakan teknik Tyrollean yaitu menggantung di tali. Sekarang sudah ada jembatan kawat besi, yang lebih memudahkan. Akan tetapi harus tetap berhati-hati.

Jembatan kawat besi bentuknya seperti seutas tali tetapi kuat dan aman. Telapak kaki harus dimiringkan untuk bisa berjalan ke depan. Tangan Sahabat Sporto memegang dua tali di kanan dan kiri yang juga berfungsi sebagai pengaman. Selain itu, dua cowstail harus terpasang dengan benar. Tangan di tali juga digerakan sambil mendorong cowstail. Percaya sama alat, jangan takut.

Dengan dua trek tersebut, Kandang Babi jadi lebih mudah untuk dilewati. Sahabat Sporto tidak perlu menuruni jurang, sehingga bisa irit waktu sampai 30 menit. Dengan jembatan kawat besi, menyebranginya hanya butuh waktu 2 menit.

Jembatan kawat besi baru dipasang saat perayaan 17 Agustus 2015 oleh tim Vertical Rescue yang dipimpin Teddy Ixidiana. Sementara yang Tyrollean, sudah ada sejak lama.