SPORTOURISM - Pegunungan Cycloop atau Pegunungan Dobonsolo atau Pegunungan Robhong Holo, adalah sebuah jajaran pegunungan yang berada di Provinsi Papua. Panjang Pegunungan Cycloop sekitar 36 Kilometer membentang dari barat ke timur.

Secara adminitratif Pegunungan Cycloops terletak di Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura. Pegunungan Cycloop merupakan kawasan cagar alam. Karena keadaan alamnya mempunyai ciri khas di tumbuhan, satwa, dan ekosistem tertentu yang perlu dilindungi, karena perkembangannya berlangsung secara alami.

Pegunungan Cycloop memiliki beberapa puncak tertinggi, antara lain: Gunung Dafonsoro (1.580 Mdpl), Gunung Butefon (1.450 Mdpl), Gunung Robhong (1.970 Mdpl), Gunung Haelufoi (1.960 Mdpl), Gunung Rafeni (1.700 Mdpl), dan Gunung Adumama (1.560 Mdpl).

Bagi masyarakat adat Sentani, Pegunungan Cycloop dikenal dengan sebutan Robhong Holo. Berasal dari sebuah legenda, dimana ada seorang perempuan bernama Rhobong yang pergi ke bagian utara, bertemu dengan seorang laki-laki bernama “Haelufoi”.

Setelah itu keduanya (Robhong dan Haelufoi) menghilang dan tidak diketahui lagi keberadaannya. Untuk mengenal wujud keduanya dalam bentuk fisiknya, Puncak Gunung Dobonsolo bagian Timur adalah Haelufoi (Laki-Laki/Suaminya), sedangkan Puncak Gunung Dobonsolo bagian Barat adalah Robhong (Perempuan/Istrinya).

Mengutip wikipedia, kata Siklop atau Cycloop berasal dari kata “Cycoon Op” lalu menjadi “Cycloop”. Apa itu Cycoon Op atau Cycloop? Cycloop sebenarnya suatu perubahan penyebutan saja. Sebenarnya Cycloop itu berasal dari kata bahasa Belanda yakni “Cycoon Op” yang terdiri dari kata “Cycoon “ yang berarti “awan kecil yang terpecah-pecah” dan “Op” yang berarti “puncak”.

Jadi kata Cycoon Op berarti awan-awan kecil yang berada di bawah atau di atas puncak gunung. Awan-awan kecil ini akan terlihat di sekitar Gunung Cycloop pada saat angin bertiup. Dalam penyebutannya “huruf C” bisa dibaca “S/K”. Kemudian kata “Cycoon Op” berubah menjadi Cycloop. Selanjutnya, dijadikan sebagai nama lain dari Gunung Dobonsolo yakni Gunung Cycloop dan Pegunungan Cycloop. Dalam bahasa Yunani “Cycloop” berarti raksasa bermata satu.