sportourism.id - Ketika kita berkunjung ke Purbalingga, Jawa Tengah, tidak akan lengkap apabila belum berkunjung ke Goa Lawa. Obyek wisata yang berada di Desa Siwarak, Kecamatan Karangreja, menawarkan indahnya lorong-lorong perut bumi, juga sejuknya udara dibawa kaki Gunung Slamet yang merupakan gunung tertinggi ke dua di pulau Jawa.

Untuk perjalanan menuju tempat ini tidaklah sulit. Dari pusat kota Purbalingga, perjalanan darat ditempuh sejauh 27 kilometer ke arah Utara. Ketika sampai di ruas jalan Purbalingga – Pemalang tepatnya di pertigaan Karangreja, sudah terpampang papan selamat datang di Obyek wisata Goa Lawa. Dari tempat ini, perjalanan tinggal sekitar 3 kilometer dengan kondisi jalan yang sedikit naik.

Namun begitu, objek wisata Goa Lawa saat ini masih dalam proses pengembangan dan pembenahan. Walau demikian, Bupati Purbalingga Tasdi mengaku pengerjaan bakal selesai sebelum lebaran tahun 2018. Ia pun berharap, hasil pengerjaan pengembangan objek wisata Goa Lawa akan sesuai target yang ditetapkan.

"Kami ingin nantinya Goa Lawa bisa seperti objek wisata di Guilin, China," katanya.

Oleh karena itu, Bupati berharap pembangunan Goa Lawa dapat dipercepat. "Terutama pembangunan pagar keliling diharapkan bisa dipercepat, jika tidak maka orang bisa dengan leluasa masuk objek wisata tanpa membayar tiket," paparnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pariwisata, Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata Purbalingga Prayitno mengatakan, berkaitan dengan kegiatan pembenahan dan pengembangan tersebut, maka objek wisata Goa Lawa telah ditutup sementara.

"Pemkab menutup sementara kunjungan ke Goa Lawa mulai tanggal 2 April hingga 12 Juni 2018 mendatang," ungkapnya.

Ia menjelaskan, pada tanggal 12 Juni, objek wisata tersebut akan kembali dibuka guna menyambut wisatawan saat libur Lebaran.

Pembenahan dan pengembangan objek wisata yang terletak di Desa Siwarak, Kecamatan Karangreja itu dilakukan mulai dari pintu masuk hingga bagian dalam.

Pemerintah Kabupaten Purbalingga, kata dia, menargetkan 50.000 wisatawan akan mengunjungi objek wisata Goa Lawa saat libur Lebaran 2018 mendatang.

"Target kami 50.000 pengunjung khusus Goa Lawa pada saat libur Lebaran 2018," ujarnya menambahkan.