sportourism.id - Tak hanya luar negeri yang punya wahana menyeramkan. Sebut saja Gravity Max di Taiwan atau Full Throttle di California. Siapa sangka, ada pula wahana roller coaster terpanjang yang dimiliki Indonesia, penasaran?

Kalau Sobat Sporto seorang yang haus akan tantangan dan suka mencoba hal baru. Wajib mencoba salah satu wahana yang dimiliki Indonesia ini. Namanya Snake Coaster yang ada di Jungleland Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Snake Coaster ini baru diluncurkan pada Desember 2017 lalu dan diklaim sebagai roller coaster terpanjang di Indonesia. Dengan panjang 482 meter dan tinggi 22 meter, bisa dibayangkan wahana ini mampu membuat siapa saja teriak seru.

Dalam waktu tempuh sekitar dua menit, pengunjung akan merasakan sensasi wahana pamungkas dari Jungleland ini. Meski terbilang ekstrem dan terpanjang, wahana ini bisa dinaiki siapa saja, termasuk anak kecil.

Syaratnya, tinggi minimal 115 cm. Sebab, sesuai komitmennya, Jungleland membuat wahana yang bisa dinaiki siapa saja. Dan Snake Coaster ini tak terlalu ‘mengerikan’ seperti wahana ekstrem lain.

Jungleland (foto: sportourism).

Sportourism menyebutnya, cukup ramah bagi jantung. Karena kecepatan hingga 65 km/j dan sensasi miring saat di keretanya tak membuat jantung terlalu deg-degan. Termasuk sensasi berputar dan menurun saat wahana melaju.

“Walau terpanjang tapi treknya tak dibuat terbalik, atau berputar ke atas,” ujar Mey Ranti, Event Supervisor & Public Relation Jungleland ditemui beberapa waktu lalu.

Satu kali permainan bisa memuat hingga 16 orang. Meski relatif aman, Snake Coaster juga tidak diperuntukkan bagi orang berpenyakit jantung, ibu hamil, atau pun dengan riwayat patah tulang.

Saat ke Jungleland Adventure Team Park Sentul ini, Sobat Sporto bisa ke Zona Mysteria yang terletak ke arah kanan dari pintu masuk untuk menemui wahana ini. Jangan kaget bila saat akhir pekan atau libur panjang, Snake Coaster punya antrean cukup panjang, karena jadi salah satu yang favorit.

Wahana Disko Jungleland (foto: sportourism).

Wahana Untuk Semua

Jungleland Adventure Team Park Sentul ini punya empat zona dengan jumlah total 37 wahana. Keempat zona tersebut mewakili tema masing-masing, yakni Zona Mysteria, Zona Carnivalia, Zona Tropicalia, dan Zona Explora.

Aneka wahana ini pun bisa dinikmati semua keluarga, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Tentunya dengan syarat-syarat tinggi badan minimal tertentu pada beberapa wahananya.

Dengan luas total sekitar 35 ha, Mey mengatakan Jungleland bisa menerima 4.000 hingga 15.000 pengujung saat akhir pekan. “Masih ada sekitar 10 hektar lagi yang belum digarap, namun beberapa rencana masih dalam tahap diskusi,” ujarnya.

Selain Snake Coaster yang menjadi wahana pamungkas sekaligus favorit di sini, ada tiga permainan lainnya yang juga menduduki empat teratas. Yakni Air Race, Disc’O, dan Discovery. Keempatnya pasti menjadi buruan penggemar tantangan saat berada di Jungleland.

Untuk harga tiket, Jungleland mematok harga 165 ribu saat hari biasa dan 220 untuk akhir pekan. Berbeda lagi dengan libur hari besar atau high season, harga yang dibandrol adalah 250 ribu untuk semua wahana.

“Tapi kita punya banyak promo yang bisa diikuti, mulai dari e-commerce hingga kerja sama bank. Apalagi kalau datangnya rombongan, pasti akan ada harga khusus,” kata Mey.