Sebanyak 15 pesepeda yang tergabung dalam tim inti penjelajah Sepeda Nusantara 2018 bakal melakukan jelahah Indonsia mulai bulan Mei sampai November di 34 Provinsi yang melewati 201 kabupaten/kota.

Tim membagi 201 kabupaten/kota menjadi empat zona yaitu Zona Barat, Zona Selatan, Zona Utara dan Zona Timur. Setiap etape yang akan dilalui peserta di masing-masing kabupaten / kota dengan rute yang di siapkan maksimal berkisar 20 KM. Tim penjelajah Sepeda Nusantara akan melalui beberapa titik di Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan finish di Bali.

15 tim penjelajah Sepeda Nusantara 2018 ini antar lain Alfian Zulfajrin dari Sulawesi Barat, Darna dari Sulawesi Selatan, Ni Made Dwi Puspa dari Bali, Henny Kurniasih dari Lampung, Fito Bakdo Prilanji dari Kalimantan Barat, Gita Widya Yunika dari Jawa Timur, Yuni Indah Lestari dari Jawa Timur, Nina Puspawardhani dari Jawa Tengah, Sujadi dari Jawa Barat, Isnaeni Ikhsan QS dari Jawa Barat, Susi Suryati dari Jawa Barat, Mitya Fitrina dari Jawa Barat dan Marta Mufreni sang Kapten dari Banten.

Setiap Etape yang akan dilalui peserta di masing-masing kabupaten / kota dengan rute yang di siapkan maksimal berkisar 20 KM. Tim penjelajah Sepeda Nusantara akan melalui beberapa titik di Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan finish di Bali.

Nantinya, para penjelajag ini, akan menyambung terus menerus tidak berhenti. Kementerian Pemuda dan Olah Raga, di setiap wilayah ada dukungan dari berharap kepada kepala dinas, bupati, walikota dan gubernur serta masyarakat.

Penjelajah dengan menggunakan sepada ini, akan mengelorakan masyarakat untuk menyongsong penyelengaraan, Asian Games dan Asian Para Games 2018. "Saya berharap acara sepeda nusantara ini bisa merangkai dan menguatkan persatuan dalam kebhinekaan," kata Menpora Imam Nahrawi.