sportourism.id - sebagai wadah bagi pesepeda perempuan untuk riding bersama, Women’s Cycling Community (WCC) kini punya jaringan makin besar. Terbukti, komunitas ini memperkenalkan WCC Nusantara dengan ratusan pesepeda perempuan yang tersebar di beberapa wilayah.

Tujuannya, menjadikan komunitas pesepeda perempuan terbesar juga paling modis se-Asia. WCC Nusantara pun punya tagar #goweskece dan #SheRidesIndonesia yang mewarnai media sosial.

Para wanita yang tergabung juga berasal dari berbagai latar belakang, mulai dari ibu rumah tangga, profesional, karyawan swasta, dosen, hingga dokter dengan rentang usia 25-60 tahun. WCC Nusantara juga punya ambassador yang telah tersertifikasi oleh SIAGA.

Tak jarang, para perempuan yang tergabung dalam WCC Nusantara pun mewarnai aneka kejuaraan sepeda hingga triatlon. Tak cuma mengajak para perempuan untuk riding bersama, tapi juga mengayomi, mengajak hidup sehat, bahagia, hingga saling menginspirasi.

Dalam media gathering sekaligus perkenalan WCC Nusantara, Ade Juanita, WCC Rides Coordinator berbagi tips bagi pesepeda pemula. “Yang penting ada niatnya dulu, kalau sudah ada niat yang kuat, yuk kita sama-sama bersepeda,” katanya berbagi tips di grandkemang Jakarta, Jumat, 27 April 2018.

Ade menambahkan sebisa mungkin bagi pemula jangan bersepeda sendiri. Agar aman dan meminimalisir kejadian yang tak terduga seperti kecelakaan. “Karena kita bersepeda juga berbagi jalanan dengan pengendara sepeda motor dan mobil, kalau bisa bersepeda ramai-ramai.”

Ia menyampaikan, meski bersepeda, mematuhi rambu lalu lintas juga sangat penting. Jangan sampai mencelakai diri sendiri.

Sementara dari sisi sepedanya, Ade mengatakan WCC Nusantara rata-rata menggunakan sepeda berjenis road bike. “Karena kita untuk dijalanan beraspal, jadi road biki punya speed dan jenis ban yang sesuai.”

Sebelum bersepeda bareng, pastikan cek ban, stang, hingga pedal untuk memastikannya bisa berjalan aman. “Kalau belum bisa cek sendiri, minta bantuan teman atau ke toko sepeda saja,” ujarnya.

Bagi pemula, penting juga memperhatikan kesehatan pribadi. Sehat dan tidur cukup sebelum mulai bersepeda adalah faktor yang penting. Karena bersepeda akan menempuh jarak yang cukup jauh dan menguras tenaga.

Founder WCC Tabitha Sumendep, mengatakan, biasanya para perempuan ini bisa bersepeda dengan jarak 40 km. “Kalau acara WCC sendiri yang setiap bulan, minimal 40 km, tapi pernah kita sampai 100 km. Tapi para perempuan ini untuk event dan lomba sudah ada yang sampai 200-500 km bahkan,” katanya.

Tabitha menambahkan, siapa saja bisa bergabung dengan WCC Nusantara. Karena komunitas ini juga sebagai ajang berbagi dan belajar sesama hobi sepeda. Setiap bulan, WCC Nusantara juga memiliki agenda riding tematik berbeda. Seperti Women’s Ride di bulan Mei, WCC Bukber Gathering untuk Juni, dan Independence Day Ride di bulan Agustus mendatang.