sportourism.id – SMP Pangudi Luhur (SPALA) yang tahun ini memasuki usia 90 tahun, bakal menggelar Ambarawa Heritage Run 2018 sebagai salah satu kemeriahan hari jadinya. Dilaksanakan pada 19 Agustus 2018, akan menjadi lomba lari yang melintasi kawasan bersejarah di Ambarawa, Jawa Tengah.

 

Lomba lari ini akan mengusung tiga kategori lari, yakni jarak 10K, 5K, dan fun walk 2,5K. Di mana kategori 10K nantinya akan dibagi kembali jadi empat sub kategori, yakni Pro Run, General Run, Students, dan Senior (45+). Mulai 15 Mei 2018, pendaftaran peserta mulai dibuka melalui laman ambarawaheritagerun2018.com.


Ketua Umum Ambarawa Heritage Run 2018 Parkiyatno Sukarno mengatakan, lomba ini akan melintasi kawasan heritage yang ikonik. “Tujuannya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di Ambarawa, serta mengenalkan potensinya ke kancah internasional,” katanya dalam rilis yang Sporturism.id terima.

Kawasan ikoni tersebut meliputi, Benteng Pendem, Rawa Pening, dan Museum Kereta Api Ambarawa yang sudah berusia puluhan tahun. Ambarawa Heritage Run 2018 pun menargetkan hingga 5.000 peserta dengan 20 persen di antaranya diharapkan berasal dari warga kota. Sementara sisanya, targetnya mendatangkan wisatawan dari beberapa wilayah Indonesia, terutama Pulau Jawa.

Tak hanya memperkenalkan dan diharapkan mendatangkan wisatawan ke Ambarawa. Lomba diharapkan ini sukses dan bisa rutin dilakukan setiap tahunnya karena merupakan kolaborasi antara Kota Ambarawa dan SMP Pangudi Luhur Ambarawa.

"Ambarawa Heritage Run digelar sebagai ungkapan syukur atas usia 90 tahun SMP Pangudi Luhur Ambarawa, kami berharap acara ini berlangsung rutin dan menjadi salah satu signature running race di Jawa Tengah,” ujarnya.