sportourism.id - Beberapa tahun lalu, mata masyarakat dimanja dengan keindahan Gunung Semeru melalui film fenomenal 5CM. Pada film tersebut, lima sahabat mencoba mendaki puncak gunung Semeru dan mengibarkan bendera merah putih.

Memang, mendaki gunung saat ini sudah menjadi salah satu cara liburan yang banyak dilakukan banyak orang, tak hanya pecinta alam, orang yang belum pernah menaiki gunung sebelumnya pun ingin mencoba.

Meski begitu, bagi Anda yang belum pernah atau pemula dalam hal menaiki gunung, maka ada beberapa hal yang harus diketahui. Saat ini, sportourism.id mencoba memberikan tips yang dirangkum dari sejumlah sumber, perihal persiapan yang harus dilakukan bagi pemula.

1. Ketahui kemampuan Anda

Anda harus mengetahui seberapa besar kemampuan, jangan memaksakan membawa banyak barang yang akhirnya membuat Anda tersiksa dan mempersulit teman di pendakian.

2. Buat daftar apa yang akan dibawa

Daftar ini akan berguna untuk mengetahui apa yang harus dibawa dan apa yang boleh ditinggalkan. Daftar ini akan memastikan Anda membawa semua barang penting yang dibutuhkan.

3. Gulung pakaian sekecil mungkin

Saat naik gunung, Anda mungkin tidak akan mandi, karena selain dingin mungkin sumber air hanya digunakan untuk minum saja. Namun, Anda harus mengganti pakaian.

Saat memasukkan pakaian ke dalam tas, pastikan untuk menggulungnya sekecil mungkin dan memasukkannya ke plastik es yang berfungsi agar pakaian tidak basah hujan menjaga agar gulungan pakaian tidak lepas.

4. Letakkan barang yang sering digunakan di tempat yang mudah dijangkau

Barang-barang yang sering Anda ambil dari tas seperti handuk kecil, sapu tangan, obat-obatan harus anda letakkan di tempat yang mudah dijangkau seperti kantong-kantong kecil yang terdapat di tas.

5. Letakkan barang yang paling berat di paling atas

Benda yang mempunyai berat yang paling besar di antara yang lain harus Anda letakkan paling atas karena membantu mengurangi beban dan memudahkan Anda jika Anda lelah dan ingin meminta tolong teman Anda untuk membawakan barang itu.

6. Bawalah tas kecil tambahan untuk meletakkan barang berharga

Tas kecil ini berfungsi untuk menaruh barang berharga seperti ponsel, kamera digital, dompet dan sebagainya. Selain mudah dibawa kemana-mana, Anda tak perlu membongkar seluruh tas saat ingin mengambil barang yang penting.